SILABUS SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah
dan masyarakat
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
2.2 Menghargai
perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan
masyarakat sekitar
2.3 Menghargai sikap toleran
terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4 Menghargai semangat persatuan
dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh
dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami sejarah dan semangat
komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar Negara
4.1 Menyaji
hasil telaah tentang
“sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara”
|
Sejarah
dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara:
· Pembentukan BPUPKI
· Usulan dasar negara para pendiri negara
· Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber
belajar tentang pembentukan BPUPKI,
perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara;
· Membaca salinan
Piagam Jakarta;
· Mencatat
rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
Menanya
· Mengajukan pertanyaan tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan semangat
komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara
Mengasosiasi
Mengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki
para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
Mengomunikasikan
Menyusun tulisan singkat
(bahan paparan, display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah dan semangat
komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
Menyusun ikrar
mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila
sebagai dasar negara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah dan semangat
komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau internet sesuai materi pokok (bila tersedia)
|
3.2 RMemahami
sejarah perumusan dan pengesahan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
4.2 Menyaji hasil telaah
tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Sejarah perumusan dan
penetapan UUD Negara
Republik Indonesia 1945
|
Mengamati
Membaca berbagai sumber tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang sejarah perumusan
dan penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan
tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
· Menyusun tulisan
singkat (bahan paparan, display, artikel
dan sebagainya) tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan tulisan singkat di depan kelas
·
Memasang tulisan singkat di
media informasi di kelas atau media lainnya
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia 1945
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
|
Semangat dan
komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun
1945
|
Mengamati
Membaca berbagai sumber atau mengamati film suasana perumusan dan
penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang semangat dan
komitmen pendiri negara dalam
perumusan dan penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan
tentang semangat dan komitmen pendiri negaqra dalam perumusan dan penetapan
UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
· Mendiskusikan
arti penting semangat dan komitmen tersebut dihubungkan dengan kondisi
masyarakat, bangsa dan negara saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulan
tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
Menyusun pernyataan komitmen (dalam bentuk ikrar, tekad, janji)
sebagai perwujudan meneruskan semnagat dan komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan
menetapkan UUD NRI Tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan
UUD NRI Tahun 1945
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.3 Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Menyajikan
hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
· Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan
· Makna yang terkandung dalam setiap alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Mengamati
Membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan dan
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Tanya jawab tentang
:
Isi Proklamasi Kemerdekaan
Isi alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan
UUD NRI tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang isi dan hubungan
Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi
Menghubungkan isi Proklamasi Kemerdekaan dan
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 untuk mengambil kesimpulan tentang hubungan
Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tentang isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
4
x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Naskah Proklamasi Kemerdekaan
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
|
· Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
Mengamati
Membaca wacana berkaitan dengan arti penting
mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan arti
penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang arti penting
mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan
arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI tahun 1945
· Menyusun komitmen melalui ikrar, janji, atau tekad untuk tidak merubah
Pembukaan UUD NRI tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.4 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
4.4 Menyaji hasil pengamatan tentang
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
|
Norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati berbagai norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Menanya
·
Menyusun pertanyaan tentang pengertian dan macam
norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·
Melakukan wawancara dengan berbagai pihak
berkaitan dengan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang pengertian dan macam norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengasosiasi
Menghubungkan antarnorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil pengamatan norma yang
berlaku melalui tulisan, gambar, film, dan sebagainya
·
Mensimulasikan penerapan norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Lingkungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Tokoh masyarakat dan aparat pemerintah
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
|
Arti penting norma dalam
kehidupan ber asyarakat dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati dan membaca peristiwa yang terjadi
dalam kehidupan bermasyarakat dan benegara, seperti suasana ketertiban dan
ketidaktertiban.
Menanya
Mengajukan pertanyaan berkaitan peristiwa
seperti siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa terjadi peristiwa.
Mengeksperimen
Mengumpulkan informasi melalui dari berbagai
sumber untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi
Menyimpulan
arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengamatan/investigasi peristiwa
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting norma dalam kehidupan ber asyarakat
dan bernegara
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.5 Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
4.5
Menyaji hasil pengamatan
karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
|
Pengertian dan makna
Bhinneka Tunggal Ika
|
Mengamati
Mengamati keberagaman masyarakat di sekitar
tempat tinggal dan sekolah berdasarkan suku, agama, ras, budaya, dan gender.
Menanya
Mengajukan pertanyaan mengenai keberagaman
masyarakat seperti apa perbedaan dan persamaan, mengapa berbeda, dan
sebagainya.
Mengeksplorasi
Mendiskusikan dan mencari informasi dari
berbagai sumber tentang keberagaman masyarakat Indonesia, faktor penyebab,
dan pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasi
Menghubungkan berbagai infomasi yang diperoleh
untuk memahami keberagaman yang diamati dalam masyarakat
Mengomunikasikan
Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan keberagaman
masyarakat berdasarkan suku,
agama, ras, budaya, gender.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang keberagaman
dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika.
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan keberagaman
dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
2 x 3 jp
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Tokoh pejuang
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
4.5 Menyaji hasil pengamatan karakteristik
daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
|
Peran daerah tempat tinggal
dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
|
Mengamati
Membaca wacana tentang peran daerah tempat
tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Menanya
Menyusun pertanyaan tentang peran peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengeksperimen/Mengeksplorasi
Wawancara
dengan tokoh pejuang dan mencari informasi dari berbagai sumber tentang peran
daerah tempat tinggal dalam perjuangan
berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang
peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tulisan tentang peran daerah tempat tinggal dalam
perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan
berdiri NKRI
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang pengetahuan peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri
NKRI.
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Tokoh pejuang
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
3.6 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.6 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan
prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan
gender
|
Keberagaman dalam
masyarakat Indonesia
|
Mengamati
Mengamati peristiwa interaksi dengan teman dan
orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Menanya
Menyusun pertanyaan berkaitan
dengan peristiwa seperti siapa, apa, kapan, bagaimana, mengapa interaksi
terjadi.
Mengeksperimen
Mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber dan wawancara untuk menjawab
pertanyaan tersebut.
Mengasosiasi
Menghubungkan berbagai informasi untuk
menganalisis peristiwa yang terjadi
Mengomunikasikan
·
Menyusun laporan dan mempresentasikan tentang
interaksi dengan teman dan orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan
masyarakat.
·
Menyusun aksi kegiatan sosial sebagai perwujudan
interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender, seperti
menolong teman yang sedang tertimpa musibah, menolong anggota masyarakat yang
membutuhkan, dan sebagainya.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Interaksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
3. 7 Memahami
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
4.7 Menyaji
bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap
keutuhan nasional
|
Arti penting daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI
|
Mengamati
Membaca dan mengumpulkan berita dari berbagai
media massa tentang karakteristik daerah tempat tinggal, seperti masalah
politik, ekonomi, sosial budaya, dan
pertahanan keamanan.
Menanya
Tanya jawab tentang
arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang arti penting daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti
penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil kajian
·
Menyusun aksi nyata sebagai bentuk partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional, seperti membentuk
Kelompok Pelajar Anti Tawuran, atau membuat spanduk/poster untuk anti tawuran
pelajar atau tawuran antar kampung.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam
kerangka NKRI
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Refernsi/Internet sesuai materi pokok
|
0 Response to "SILABUS SMP/MTs Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan VII"
Post a Comment