SILABUS SMP/MTs Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IX


SILABUS SMP/MTs

Mata Pelajaran  : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas                : IX
Kompetensi Inti :
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.       Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.       Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1    Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa





2.1       Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan jaman
2.2       Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.3       Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.4       Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia
2.5       Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.6       Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI





3.1  Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.1      Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman





Dinamika Pancasila  sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa






Mengamati
·  Mencari arti penting, perkembangan, dan perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·  Mencatat kegiatan yang diikutinya sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, misal: upacara bendera, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya, kemudian mencatatnya dan apa sumbangannya dalam kegiatan
Menanya
·  Tanya jawab tentang arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·  Tanya jawab tentang kegiatan yang sudah dilakukan, misal: upacara bendera, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya
Mengeksperimen
·  Mengumpulkan data tentang arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·  Mengumpulkan data tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk perwujudan nilai-nilai Pancasila 
Mengasosiasikan
·  Menyimpulkan arti penting dan perwujudan nilai-nilai  Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
·   Menentukan bentuk-bentuk kegiatan yang dapat mempermudah untuk mewujudkan pelaksanaan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·   Membuat ringkasan, catatan tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara  dan pandangan hidup bangsa
Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan hasil tugas dalam kegiatan sosial-kultural
·   Melaporkan kegiatan dan perannya
·   Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah atau masyarakat sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup, seperti membantu korban bencana alam, santunan yatim piatu, dan sebagainya
·   Menyusun paparan nilai – nilai Pancasila sebagai dasar Negara di era globalisasi
·   Mensimulasikan secara kelompok nilai-nilai Pancasila  sebagai dasar Negara  di era globalisasi
·   Menanggapi simulasi kelompok dengan kritis dan menghargai prestasi orang lain
·   Membuat ikrar/komitmen untuk melaksanakan Pancasila sebagai dasar negara sesuai dinamika perkembangan jaman
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Dinamika Pancasila  sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Dinamika Pancasila  sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Referensi atau Internet sesuai materi pokok

3.2  Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2   Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengamati
·   Membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Mengkaji pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Tahun 1945
·   Membaca informasi dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Menanya
Tanya jawab makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 secara berkelompok
Mengasosiasi
Menyimpulkan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945
Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
·   Menyusun paparan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran  yang terkandung dalam pembukaan UUDNegara Repuplik Indonesia
·   Mempresentasikan secara kelompokberdasarkan paparan yang telah dibuat
·   Kelompok lain memberikan tanggapan
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2 JP
·   Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·   Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Referensi atau Internet sesuai materi pokok
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara


Pengertian, cirri, dan macam-macam hukum

Mengamati
·   Membaca berbagai sumber pengertian,ciri dan macam-macam hukum, serta membuat ringkasan secara individu
·   Mengamati perilaku teman sejawat tentang pelaksanaan kewajiban di lingkungan  masyarakat
·    Mengamati perilaku teman sejawat tentang penegakkan hukum di lingkungan  masyarakat
Menanya
Tanya jawab tentang Pengertian, cirri, dan macam-macam hukum
Mengeksplorasi
Berdiskusi secara kelompok tentang pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Mengasosiasi
·   Menentukan posisi tentang pelaksanaan kewajiban di masyarakat
·    Menentukan posisi tentang penegakkan hukum di masyarakat
Mengomunikasikan
·   Presentasi hasil diskusi secara kelompok tentang pentingnya norma hukum dalan kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara
·   Melaporkan hasil pengamatan perilaku teman sejawat tentang pelaksanaan kewajiban di masyarakat
·   Membiasakan melaksanakan kewajiban  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
·    Melaporkan hasil pengamatan perilaku teman sejawat tentang penegakkan hukum di masyarakat
·   Membiasakan menegakkan hukum  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Referensi atau Internet sesuai materi pokok
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

4.4      Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara

4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku,  agama, ras, budaya, dan gender

Contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengamati
·    Mengamati film atau gambar atau peristiwa tentang bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
·    Mengidentifikasi ciri-ciri bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·    Mengamati berbagai tutur kata, perilaku, dan sikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Menanya
Tanya jawab contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengeksperimen
·    Mensimulasikan sikap, tutur kata, dan perilaku  yang baik di lingkungan masyarakat
·    Mensimulasikan sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik di lingkungan bangsa dan negara, seperti cara mengemukakan pendapat di muka umum
Mengasosiasi
·    Membandingkan sikap tersebut dengan mengelompokan yang baik dan buruk, akibat yang ditimbulkan, sanksi
·    Menentukan posisi terkait sikap dan tutur kata yang baik dalam pergaulan di masyarakat
Mengomunikasikan
·    Mempresentasikan hasil identifikasi
·    Mempresentasikan secara kelompok
·    Membiasakan bersikap dan ber tuturkata yang baik sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari
·    Menentukan posisi terkait sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik dalam pergaulan di lingkungan bangsa dan negara
·    Membiasakan bersikap, bertuturkata, dan berperilaku yang baik sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam lingkungan bangsa dan negara
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·  Film/Media cetak sesuai materi pokok
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Lingkungan masyarakat dan sekolah
·  Referensi atau Internet sesuai materi pokok
3.5 Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya

4.5    Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat


Masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
Mengamati
·  Mengamati kasus masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar
·  Menelaah informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang hakekat masalah yang disepakati
Menanya
Tanya jawab tentang masalah-masalah yang muncul di lingkungan sekitar
Mengeksperimen
·    Melakukan wawancara dan pengumpulan data ke berbagai nara sumber dan lembaga terkait tentang upaya mengatasi masalah
·    Mendiskusikan berbagai alternatif pemecahan masalah
Mengasosiasi
·  Menentukan satu atau lebih alternatif pemecahan masalah yang akan disusun sebagai rencana tindakan.
·    Menganalisis hasil wawancara dan pengumpulan data
Mengomunikasikan
·    Menyajikan hasil diskusi dalam kelas
·    Menyusun rencana tindakan secara kelompok
·    Mempraktikan rencana tindakan secara kelompok
·    Menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan rencana tindakan secara kelompok
·    Menyusun portofolio tentang masalah yang dipilih secara kreatif dan inovatif
·    Menyajikan portofolio di depan kelas dan mempublikasikan dalam majalah dinding dilandasi sikap menghargai karya orang lain
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2 JP
·      Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·      Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·      Lingkungan masyarakat dan sekolah
·      Referensi atau Internet sesuai materi pokok
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

4.6    Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan

4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggungjawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

Makna dalam perjuangan mempertahankan NKRI
Mengamati
Mengamati film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI
Menanya
Tanya jawab tentang makna dalam perjuangan mempertahankan NKRI
Mengeksperimen
·    Mengkaji wacana atau berita tentang arti penting mempertahankan NKRI
·    Melakukan pelacakan isu/kasus (menyusun kliping) dinamika mempertahankan NKRI yang sedang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·    Menanggapi isu publik tersebut
Mengasosiasi
·    Menyimpulkan makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan mempertahankan NKRI
·    Menarik kesimpulan tentang arti penting mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
·    Menyajikan hasil pengamatan
·    Mempresentasikan hasil secara klasikal
·    Mempresentasikan gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

3 x 2JP
·      Buku Pelajaran PKn Kelas IX
·      Internet sesuai materi pokok
·      Film  sesuai materi pokok
·      Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·      Referensi atau Internet sesuai materi pokok



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SILABUS SMP/MTs Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IX"

Pramugari Pesawat Kepresiden TNI AU Jago Bertarung dan Bertempur

newsnusantara- Sekarang ini banyak ditemui prajurit  TNI wanita yang berparas cantik dan kecantikannya tidak kalah dibandingkan para mode...