SILABUS SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1 Menghayati perilaku beriman
dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di
lingkungan pergaulan antarbangsa
|
|||||
2.1 Menghargai keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai
dengan dinamika perkembangan jaman
2.2 Menghargai keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.3 Menghargai hukum yang berlaku
dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.4 Menghargai sikap toleransi
dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara Indonesia
2.5 Menghargai semangat dan
komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.6 Menghayati semangat dan
komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
NKRI
|
|||||
3.1 Memahami dinamika
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1 Menyaji
hasil telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan
jaman
|
Dinamika Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
|
Mengamati
· Mencari arti penting, perkembangan, dan perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Mencatat kegiatan yang diikutinya sebagai perwujudan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, misal: upacara bendera,
peringatan hari besar nasional, dan sebagainya,
kemudian mencatatnya dan apa sumbangannya dalam kegiatan
Menanya
· Tanya jawab tentang arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Tanya
jawab tentang kegiatan yang sudah dilakukan, misal:
upacara bendera, peringatan hari besar nasional, dan sebagainya
Mengeksperimen
· Mengumpulkan data tentang arti
penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
· Mengumpulkan
data tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk perwujudan nilai-nilai
Pancasila
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa
· Menentukan
bentuk-bentuk kegiatan yang dapat mempermudah untuk mewujudkan pelaksanaan
pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat ringkasan, catatan tentang dinamika
Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil tugas dalam kegiatan sosial-kultural
· Melaporkan kegiatan dan perannya
· Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah atau masyarakat sebagai perwujudan
nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup, seperti membantu korban
bencana alam, santunan yatim piatu, dan sebagainya
· Menyusun paparan nilai – nilai Pancasila sebagai
dasar Negara di era globalisasi
· Mensimulasikan secara kelompok
nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar Negara di era globalisasi
· Menanggapi simulasi kelompok dengan kritis dan
menghargai prestasi orang lain
· Membuat
ikrar/komitmen untuk melaksanakan Pancasila sebagai dasar negara sesuai
dinamika perkembangan jaman
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Dinamika
Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang Dinamika Pancasila sebagai: dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
3.2 Memahami pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.2 Menyaji
hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
|
Mengamati
· Membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
· Mengkaji pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD
Tahun 1945
·
Membaca informasi dari berbagai sumber tentang
makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Tanya jawab makna
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan makna pokok-pokok pikiran dalam
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 secara berkelompok
Mengasosiasi
Menyimpulkan makna
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok
· Menyusun paparan secara kelompok tentang
pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam pembukaan UUDNegara Repuplik Indonesia
· Mempresentasikan
secara kelompokberdasarkan paparan yang telah dibuat
· Kelompok
lain memberikan tanggapan
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
· Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara
4.3 Menyaji hasil telaah tentang
aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Pengertian, cirri, dan macam-macam hukum
|
Mengamati
·
Membaca berbagai sumber pengertian,ciri dan
macam-macam hukum, serta membuat ringkasan secara individu
· Mengamati
perilaku teman sejawat tentang pelaksanaan kewajiban di lingkungan masyarakat
· Mengamati
perilaku teman sejawat tentang penegakkan hukum di lingkungan masyarakat
Menanya
Tanya jawab tentang Pengertian, cirri, dan macam-macam hukum
Mengeksplorasi
Berdiskusi secara kelompok tentang pentingnya
norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengasosiasi
· Menentukan
posisi tentang pelaksanaan kewajiban di masyarakat
· Menentukan
posisi tentang penegakkan hukum di masyarakat
Mengomunikasikan
·
Presentasi hasil diskusi secara kelompok tentang
pentingnya norma hukum dalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
· Melaporkan
hasil pengamatan perilaku teman sejawat tentang pelaksanaan kewajiban di
masyarakat
·
Membiasakan melaksanakan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
· Melaporkan
hasil pengamatan perilaku teman sejawat tentang penegakkan hukum di
masyarakat
·
Membiasakan menegakkan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang aturan hukum
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk
dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
4.4 Menyaji sikap, tutur kata,
dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam
pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip
saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur
kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
|
Mengamati
·
Mengamati film atau gambar atau peristiwa
tentang bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
·
Mengidentifikasi ciri-ciri bertutur kata,
berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·
Mengamati berbagai tutur kata, perilaku, dan
sikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Menanya
Tanya jawab contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur
kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
Mengeksperimen
·
Mensimulasikan sikap, tutur kata, dan
perilaku yang baik di lingkungan masyarakat
·
Mensimulasikan sikap, tutur kata, dan perilaku
yang baik di lingkungan bangsa dan negara, seperti cara mengemukakan pendapat
di muka umum
Mengasosiasi
·
Membandingkan sikap tersebut dengan
mengelompokan yang baik dan buruk, akibat yang ditimbulkan, sanksi
·
Menentukan posisi terkait sikap dan tutur kata
yang baik dalam pergaulan di masyarakat
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil identifikasi
·
Mempresentasikan secara kelompok
·
Membiasakan bersikap dan ber tuturkata yang baik
sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup
sehari-hari
·
Menentukan posisi terkait sikap, tutur kata, dan
perilaku yang baik dalam pergaulan di lingkungan bangsa dan negara
·
Membiasakan bersikap, bertuturkata, dan
berperilaku yang baik sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam
lingkungan bangsa dan negara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh,
ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik
dan buruk dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang Contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur
kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Film/Media cetak sesuai materi pokok
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Lingkungan masyarakat dan sekolah
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
3.5 Memahami
masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara
pemecahannya
4.5 Menalar penyelesaian masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat
|
Masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
|
Mengamati
· Mengamati
kasus masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar
·
Menelaah informasi dari berbagai sumber dan
mendiskusikan tentang hakekat masalah yang disepakati
Menanya
Tanya jawab tentang masalah-masalah
yang muncul di lingkungan sekitar
Mengeksperimen
·
Melakukan wawancara dan pengumpulan data ke
berbagai nara sumber dan lembaga terkait tentang upaya mengatasi masalah
·
Mendiskusikan berbagai alternatif pemecahan
masalah
Mengasosiasi
·
Menentukan satu atau lebih alternatif pemecahan
masalah yang akan disusun sebagai rencana tindakan.
·
Menganalisis hasil wawancara dan pengumpulan
data
Mengomunikasikan
·
Menyajikan hasil diskusi dalam kelas
·
Menyusun rencana tindakan secara kelompok
·
Mempraktikan rencana tindakan secara kelompok
·
Menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan
rencana tindakan secara kelompok
·
Menyusun portofolio tentang masalah yang dipilih
secara kreatif dan inovatif
·
Menyajikan portofolio di depan kelas dan
mempublikasikan dalam majalah dinding dilandasi sikap menghargai karya orang
lain
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang masalah-masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya
· Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang masalah-masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Lingkungan masyarakat dan sekolah
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
4.6 Menyaji hasil telaah dinamika
penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan
tanggungjawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
Makna dalam perjuangan mempertahankan NKRI
|
Mengamati
Mengamati film/wacana dan mengkaji dari berbagai
sumber informasi tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI
Menanya
Tanya jawab tentang makna
dalam perjuangan mempertahankan NKRI
Mengeksperimen
·
Mengkaji wacana atau berita tentang arti penting
mempertahankan NKRI
·
Melakukan pelacakan isu/kasus (menyusun kliping)
dinamika mempertahankan NKRI yang sedang terjadi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·
Menanggapi isu publik tersebut
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan makna dan nilai-nilai yang
terkandung dalam perjuangan mempertahankan NKRI
·
Menarik kesimpulan tentang arti penting
mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
·
Menyajikan hasil pengamatan
·
Mempresentasikan hasil secara klasikal
·
Mempresentasikan gagasan penguatan komitmen
mempertahankan NKRI
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah
perjuangan mempertahankan NKRI
· Tes digunakan untuk menilai
hasil belajar secara individu tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI
· Pengamatan, penilaian ini
merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam
proses pembelajaran
|
3 x 2JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas IX
· Internet sesuai materi pokok
· Film
sesuai materi pokok
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau Internet sesuai materi pokok
|
0 Response to "SILABUS SMP/MTs Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IX"
Post a Comment